Warga Desa Kambingan Keluhkan Bau Menyengat dari Cerobong PT KTS

Warga Desa Kambingan Keluhkan Bau Menyengat dari Cerobong  PT KTS

KEDIRI - Keluhan beberapa warga Desa Kambingan Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri akibat dari asap cerobong  PT KTS merupakan pabrik pupuk organik yang menyebabkan bau tak sedap dan menggangu kesehatan.

Kondisi dan dampak yang dialami warga setempat mendapat respon dari pihak dinas terkait dengan kesepakatan pihak pabrik akan memperbaiki laboratorium milik pabrik agar tidak bau lagi.

Sigit Djarwanto selaku Ketua RT 01 RW 04 Desa Kambingan Kecamatan Pagu Kab Kediri mengatakan, bahwa sudah bertahun-tahun keberadaan PT KTS merupakan pabrik pupuk organik mulai beroperasi sejak tahun 2009. Pabrik pupuk pada saat beroperasi selalu mengeluarkan asap yang berdampak pada kesehatan warga dan tanaman jagung tidak bisa untuk konsumsi pakan ternak.

"Kondisi ini sudah bertahun-tahun tidak mendapatkan tanggapan dari dinas terkait, sehingga senen kemarin kami sudah mengajukan surat ke Pemda setempat dan Kantor Dewan sampai saat ini masih menunggu, " ucap Sigit kepada awak media ini, Rabu (14/4/2021).

Hal yang sama juga diungkapkan Pujiati (55) warga RT 03 RW 03 mengatakan, bahwa  dampak asap dari cerobong pabrik menyebabkan pusing dan ada juga keponakannya mengalami Sinus.

"Kami sebagai warga yang terdampak  berharap ada tindakan dari pabrik agar asap cerobong agar tidak bau menyengat, " harap Puji.

Sementara itu, Kepala Desa Kambingan Djakarsi, SH kepada wartawan bahwa kemarin sudah didatangi pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian menindaklanjuti laporan dari desa.

"Pihak pabrik akan melakukan perbaikan laboratorium pabrik agar asapnya tidak bau lagi. Saya juga tanda tangan terkait menyuruh pabrik perbaikan laboratorium, " ucap Kades Djakarsi.

Terpisah, saat awak media mendatangi Pimpinan PT KTS di wilayah Desa Wonosari Kecamatan Pagu di kantornya. Menurut keterangan staf mengatakan bahwa pimpinan tidak ada di tempat."Saya tidak punya wewenang untuk menjelaskan terkait pabrik, " ucap salah satu staf PT KTS

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab Kediri Putut Agung Subekti saat dikonfirmasi via WhatsApp terkait keberadaan asap cerobong pabrik PT KTS yang berdampak pada kesehatan warga.

Dijelaskan Putut bahwa pada tanggal 5 April telah dilakukan verifikasi lapangan ke PT KTS. "Dari hasil verifikssi lapangan dari Dinas Lingkungan Hidup bersurat ke PT KTS untuk tindaklanjutnya, " tegas Putut.  (prijo)

JATIM KEDIRI
prijo atmodjo

prijo atmodjo

Previous Article

Tokoh Agama Mulai Divaksin di Balai Kota...

Next Article

Wadan Pusterad Tinjau Sasaran TMMD ke- 112...

Related Posts

Peringkat

Profle

Muh. Ahkam Jayadi verified

Nanang suryana saputra

Nanang suryana saputra verified

Postingan Bulan ini: 85

Postingan Tahun ini: 131

Registered: Apr 23, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 60

Registered: Aug 24, 2021

Rikky Fermana

Rikky Fermana

Postingan Bulan ini: 58

Postingan Tahun ini: 221

Registered: May 8, 2021

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 111

Registered: Jul 31, 2021

Profle

Muh. Ahkam Jayadi verified

Hadiri Panen Raya Kacang Tanah, Hasnah Syam Puji Etos Kerja Masyarakat Tanete Riaja
Terpantau Warga Ada Napi Lapas Bukit Semut Sungailiat Bebas Berkeliaran
BEM Babel Tantang Bupati Bangka, Ini Jawaban Mulkan 
Hasnah Syam Groundbreaking Pembangunan Workshop BLK Komunitas di Ponpes Darunnaiem Soppeng

Follow Us

Recommended Posts

Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jember, Gelar Operasi Yustisi Gabungan Disiplin Prokes
Koramil 0824/05 Sumberjambe Bersama Unsur Terkait, Tetap Perketat Pengawasan Prokes Masyarakat
Satgas TMMD Kerjakan Pondasi Rumah Sulastri 
Giliran Satgas TMMD KE 112 Sasar Rumah Agus Warga Tulungrejo
Jalan Beton Karya Satgas TMMD 112 Sudah Mulai Nampak